Rabu, 04 Oktober 2017

Jaringan Datar (Horizontal) dan Jaringan Hirarkikal

Jaringan Datar dan Hirarkikal

1. Jaringan Datar ( Horizontal )


Jaringan Datar (Horizontal) adalah jaringan yang mempunyai level atau tingkat yang sama antar sesama device yang terhubung di sebuah jaringan komputer dimana pada jaringan tersebut device device hanya akan saling berhubungan dalam level yang sama. Contoh dari jaringan datar adalah jaringan peer 2 peer dimana komputer yang terhubung memiliki level yang sama.

2. Jaringan Hirarkikal

Jaringan Hirarkikal adalah jaringan dimana setiap device yang terhubung dalam jaringan tersebut memiliki level - level tertentu dan dimana dalam setiap levelnya memiliki fungsi layanan dan juga hak yang berbeda. Contoh jaringan hirarkikal adalah internet, dimana antara user di level akses berinteraksi juga dengan level distribusi diatasnya (ISP) dan level core (inti) diatasnya juga.

Keuntungan Jaringan Hirarkikal

Scalability : jaringan hierarki dapat diperluas/dikembangkan secara lebih mudah

Redundancy : menjamin ketersediaan jalur pada level core dan distribution

Performance :  performa switch pada layer core dan distribution leih handal (link aggregation)

Security : port keamanan pada level access dan aturan pada level distribution membuat jaringan lebih aman

Manageability : konsistensi antar switch pada tiap level membuat manajemen menjadi lebih mudah

Maintainability : modularitas desain hirarki mengijinkan jaringan dibagi-bagi tanpa menambah kerumitan (Adinda, 2013)

SKEMA HIERARKI PENGALAMATAN IP

Alamat IP terdiri atas 3 bit informasi yang terbagi 4 bagian dikenal sebagai octet atau byte, dimana masing-masing terdiri atas 1 byte (8 bit) yang dapat digambarkan pengalamatan IP dengan metode Dotted-decimal, Biner dan Heksadesimal. Dengan metode Heksadesimal tidak digunakan sesering dotted-decimal atau biner ketika membicarakan pengalamatan IP, tetapi dengan menggunakan Windows Registry yang bagus untuk program yang menyimpan alamat IP mesin dalam bentuk hexa (heksadesimal) dalam beberapa program.

Skema pengalamatan IP dibedakan menjadi dua jenis yaitu pengalamatan 32-bit (terstruktur/hierarki) dan pengalamatan flat (datar/non-hierarki). Walaupun kedua jenis skema pengalamatan bisa digunakan, namun pengalamatan hierarki dipilih dengan alasan yang baik. Keuntungan dari skema pengalamatan hierarki yaitu kemampuannya yang bisa menangani pengalamatan yang besar. Sedangkan kekurangan dari skema pengalamatan flat dan alasan kenapa pengalamatan IP tidak menggunakannya yaitu masalah routing yang tidak efisien dan hanya sebagian kecil alamat yang digunakan dalam pengalamatan IP. Solusi untuk masalah tersebut yaitu menggunakan dua atau tiga tingkatan yang bisa dibandingkan dengan nomer telepon, skema pengalamatan hierarki yang terstruktur oleh network (jaringan) dan host atau network, subnet dan host yang digunaan untuk menunjukkan alamat jaringan (network). (M, 2016)


2 komentar

Sekalian ikutan iya bang https://ulin00.blogspot.com/2018/07/jaringan-hiralkikal.html

semoga bermanfaat https://ulin00.blogspot.com/2018/07/jaringan-hiralkikal.html


EmoticonEmoticon